"Ngapak" BUKAN Bahasa Rendahan
Sudah menjadi pemahaman umum bila bahasa adalah produk budaya yang
antara lain menjadi penanda tinggi rendahnya peradaban. Sebuah
peradaban, katakanlah Inggris, Perancis, Jerman, Jepang atau Arab,
muncul, menguat, dan mendapat respek dari bangsa lain karena
kemampuannya berkomunikasi, mengembangkan bahasa, sebagai alat utama
untuk hidup berbudaya dan beradab.
Contoh-contoh bangsa di atas jelas kita ketahui memiliki sumber
linguistik hanya satu, yakni bahasa yang diidentifikasi oleh nama bangsa
atau adabnya. Tetapi, di Indonesia, sebagai sebuah bangsa, negeri ini
ternyata dibangun oleh tidak hanya satu, tak cuma sepuluh, tetapi
ratusan bahasa di seantero negerinya. Sebuah kekayaan yang tak dimiliki
bangsa mana pun di atas bumi, kekayaan yang membuatnya sebagai bangsa
tak bisa dipandang remeh oleh siapa pun.
Namun ternyata dalam kenyataannya, dari jumlah yang mukjizat itu, 746 bahasa, 726 di antaranya terancam punah (Kompas,
14 November 2007; Akung, 2011). Salah satunya bahasa Jawa dialek
Banyumasan, yang tersebar di wilayah Kabupaten Banyumas, Cilacap,
Purbalingga, Banjarnegara, Tegal, Brebes, Pemalang, bagian barat
Kebumen, serta bagian timur dan pesisir Cirebon (Indramayu). Penuturnya,
terutama generasi muda, terkesan tidak yakin menggunakan dialek yang
sering disebut ngapak itu dalam berkomunikasi. Bahasa Banyumasan
dianggap sebagai bahasa yang ”lucu”, pinggiran, bahkan dianggap
”rendahan”.
Mungkin ini antara lain akibat media publikasi, seperti televisi, yang memosisikan bahasa ngapak itu sebagai bahasa dari kalangan ”babu” atau pembantu rumah tangga. Humor slapstick yang mengiringi peran-peran itu menjadi cara tidak sengaja yang turut merendahkannya. Akibatnya, muncul kesan bahasa ngapak
adalah bahasa (orang) yang kasar, tidak ”tinggi”, dan tidak sopan
sehingga kurang pantas digunakan oleh mereka yang merasa dirinya elite.
Jawa Kuno Asli
Di sisi lain, Ahmad Tohari (dalam Ade, 2009) menegaskan bahwa dialek
Banyumasan sebenarnya memiliki arti penting dalam sejarah bahasa Jawa. Dialek Banyumasan (dan dialek Tegalan) adalah turunan asli dari bahasa Jawa Kuno.
Sejak berabad lampau, bahasa Jawa Kuno didominasi bunyi vokal ”a”,
berbeda dengan bahasa Jawa Yogya-Solo yang lebih didominasi vokal ”o”.
Bahasa Jawa dengan vokal ”o” (Yogya-Solo) adalah bahasa baru yang
sengaja dikembangkan Kerajaan Mataram sejak akhir abad ke-16. Hal ini
ditandai dengan digunakannya taling tarung (tanda baca untuk vokal ’o’
untuk huruf Jawa). Pengembangan bahasa baru ini, menurut Tohari, adalah
bagian dari politik penguasaan yang dilakukan Mataram terhadap wilayah
Banyumas pada masanya. Bahasa dipolitisasi sedemikian rupa untuk
menciptakan kelas sosial dengan menempatkan bahasa Jawa baru (vokal ”o”)
sebagai bahasa berkelas tinggi.
Bahasa Jawa kuno yang pada akhirnya nanti berkembang menjadi dialek
Banyumasan dan Tegalan adalah bahasa asli yang digunakan petani dan
pedagang (kelas bawah). Jadi, bahasa ngapak adalah bahasa asli, bukan bahasa rendahan.
Hal ini juga ditegaskan Budiono Herusatoto dalam Banyumas: Sejarah, Budaya, Bahasa, dan Watak (2008) yang antara lain mengatakan bahwa bahasa ngapak adalah istilah bahasa Jawa Banyumasan yang dilansir para priyayi wetanan yang berbahasa Jawa mbandhek.
Sikap dan politik bahasa dari keraton itu tentu saja dilandasai
semangat dominatif. Mereka yang dahulu menguasai wilayah Banyumas dan
sekitarnya mencoba mengidentikkan bahasa Banyumas sebagai bahasa kelas
dua, bahasa kawula alit.
Masyarakat non-ngapak seperti melakukan eksklusivisme ke
dalam dirinya sendiri, yang sebenarnya justru mempersulit mereka untuk
melakukan akulturasi. Seperti dalam pola-pola segregasi dalam politik
dan juga kebudayaan, bahasa ngapak terposisikan sebagai liyan atau the other, pihak yang secara sengaja ditempatkan sebagai lawan, pesaing, kutub lain dari kebudayaan atau politik mainstream.
Budaya hierarkis
Konsep other selama ini secara laten dipakai untuk membangun
sebuah struktur hierarki dari budaya yang dominan dan marjinal,
modern-etnik, global-lokal. Tentu saja, budaya hierarkis semacam itu
sangat bertentangan dengan multikulturalisme, semangat partisipatoris
dan emansipatoris yang justru menjadi identitas dasar-dasar budaya di
negeri ini.
Dalam relasi yang struktural-hierarkis itulah bahasa Jawa wetanan
kemudian lebih sering digunakan sebagai bahasa keluarga karena dianggap
lebih luhung atau luhur, lebih beradab, lebih modern, tepatnya lebih
cocok dengan kebutuhan kekuasaan (penguasa).
Lalu perlahan, pengguna bahasa ngapak mulai kehilangan rasa percaya diri dan melupakan kearifan lokal, yang sebagian tersimpan di dalam bahasa asli mereka.
Karena itu, penting sekali mengembalikan rasa percaya diri itu, antara lain, dengan mengembalikan bahasa ngapak
sebagai modus komunikasi utama dan terbaik para penuturnya. Bukan
bahasa yang menjadi masalah, melainkan sebenarnya politik yang bermain
di belakangnya. Dalam usaha ini, negara berperan penting, antara lain,
untuk tidak menggunakan pluralitas bahasa sebagai alasan memperlemah
rasa kesatuan, apalagi kekuasaan.
Pemerintah justru harus memperkuat penggunaan bahasa lokal beserta
seluruh dialek-dialeknya, setidaknya agar masyarakat tidak hanya percaya
diri, tetapi juga memiliki modal budaya yang kuat untuk melawan
globalisasi budaya. Dengan kuatnya defensi kebudayaan ini, keutuhan
bangsa, kepribadian bangsa, dan akhirnya kebudayaan bangsa akan tetap
terjaga dan makin kuat karenanya. Bukankah bangsa dan negara pula yang
akan menerima buahnya?
~Sulastri Manda Aprida~
http://akhorr.tumblr.com/post/26614179794/ngapak-bukan-bahasa-rendahan
Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
BalasHapussedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau
Syukur Alhamdulillah di tahun ini Saya mendapatkan Rezeki yg berlimpah sebab sudah hampir 9 Tahun Saya bekerja di (SINGAPORE) tdk pernah menikmati hasil jeripaya saya karna Hutang keluarga Sangatlah banyak namun Akhirnya, saya bisa terlepas dari masalah Hutang Baik di bank maupun sama Majikan saya di Tahun yg penuh berkah ini,
BalasHapusDan sekarang saya bisa pulang ke Indonesia dgn membawakan Modal buat Keluarga supaya usaha kami bisa di lanjutkan lagi,dan tak lupa saya ucapkan Terimah kasih banyak kepada MBAH SURYO karna Beliaulah yg tlah memberikan bantuan kepada kami melalui bantuan Nomor Togel jadi sayapun berhasil menang di pemasangan Nomor di SINGAPORE dan menang banyak
Jadi,Bagi Teman yg ada di group ini yg mempunyai masalah silahkan minta bantuan Sama MBAH SURYO dgn cara tlp di Nomor ;082-342-997-888 percaya ataupun tdk itu tergantung sama anda Namun inilah kisa nyata saya